Ide 6 : Bisnis Kos-kosan Harian


Mungkin selintas ide ini terkesan aneh karena jarang ada yang bikin, namanya juga ide bisa saja datangnya dari hasil melamun…..hmmm….dasar Uda !!!!

Ide ini tercetus melihat prospek kondisi Kota Bandung sebagai tujuan wisata favorit ditanah air, mulai dari kesegaran udaranya, wisata belanjanya yang terkenal dan wisata kulinernya yang menggiurkan, membuat semua orang pengen ke Bandung, mulai dari kalangan berduit, backpacker maupun yang kere sekalipun. sehingga kebutuhan terhadap penginapan murah meriah nan terjangkau oleh kondisi kantong minim seklaipun menjadi suatu keharusan. ditambah lagi ketika Uda browsing2, banyak sekali yang nyari informasi penginapan murah di Bandung, tapi sepertinya Nihil. ga seperti diJakarta dengan jalan jaksanya, ada lagi Jogja dengan kawasan Malioboronya dan Bali dengan Legiannya kita bisa temukan penginapan murah.

Tapi ide disini tepatnya Uda menyebut Kos-kosan harian nan murah meriah, yaitu dengan konsep kos-kosan dengan fasilitas seadanya dan minim service tapi juga tentunya murah meriah sekitar Rp. 45000..(hmm wow..yakin banyak yang nyewa deh, soalnya diBandung rata2 diatas Rp. 100an.)

Uda dengan isengnya sempat juga ngitung2 kelayakan bisnisnya untuk kapasitas 25 Kamar yaitu

1. Investasi awal sebesar Rp. 261 Juta (didalamnya termasuk Sewa tanah 1 Tahun, Bangunan baru, Interior, perangkat pendukung)

2. Operational 1tahun sebesar Rp. 89.2 Juta (didalamnya termasuk Cuci, Penggantian perangkat 20%, Air, Listrik, Gaji pegawai, Promosi, Pajak dan lain2 pertambahan nilai sebesar 20% )

Maka dengan asumsi Occupancy sebesar 100% akan menghasilkan pendapatan Rp. 404,4 Juta /tahun dengan keuntungan bersih Rp. 54, 2 Juta/ tahun, tapi yang menarik kita lihat ditahun kedua setelah investasi bangunan ditiadakan maka:

Ditahun kedua dan seterusnya, dengan asumsi Occupancy 100% akan menghasilkan pendapatan Rp. 404.4 Juta/tahun dan menghasilkan keuntungan bersih Rp. 154, 2 Juta/tahun karena investasi sudah dihitung ditahun pertama (menarik ga..??)

Tapi Uda sangat yakin, kalo dikelola serius Occupancynya bisa diatas 90% deh, jadi angkanya ga jauh2 dari itungan diatas.

Kira-kira siapa Potensial marketnya ya…hmmm??:

1. Backpacker (wisatawan berkantong cekak)

2. Calon Mahasiswa Baru yang belum punya kos-kosan

3. Pegawai/karyawan berkantong cekak yang dinas atau lagi pelatihan dari luar kota

4. Pedagang yang kulakan ke pasar baru (kemana aja deh..)

5. dll..pokoknya banyak banget tuh..

Trus promosinya gimana..hmmm..pasang aja pamflet dikampus2 ato dilokasi strategis, tapi kalo murah itu pasti dari mulut ke mulut jadi andalan deh..

Tapi sarannya kos-kosanya ga boleh pake yang ga baik yach.. rejekinya ga akan barokah lho..

Ahh udah ah, segitu dulu ide bisnisnya….kalo mo tau lengkapnya.. silahkan aja tanya ama Udanya Mietha..Uda punya itung-2an kelayakannya tuh..

hayooo…gimanaaaa..bingung ya…? hi hi hi..

About these ads

12 thoughts on “Ide 6 : Bisnis Kos-kosan Harian

  1. Itu baru sekedar ide pak.. mungkin Bapak2 dari Forum Investor bisa membantu merealisasikannya..? Uda pasti dengan senang hati akan membuatkan Feasibility Study untuk itu.. heheu

  2. Hi

    Bagus juga idenya…

    Tp bagaimana mencari tempat yg 261 Juta (didalamnya termasuk Sewa tanah 1 Tahun, Bangunan baru, Interior, perangkat pendukung).. dan ada 25 kamar?

    Regards

  3. saya hanya berbagi pengalaman saya udah menjalankan bisnis itu di rumah tapi hanya 6 kamar lumayan dari pada dikontrakan per bulan. harga kami cuma 35000/hari semua dikelola bersama istri rencana sih bisa banyak soalnya banyak yang booking via internet juga dari berbagai daerah apalagi kalau pas week end dari jogja, jakarta lll. tapi masih banyak yang harus tahu tolong bantu saya ok.

  4. wah..terima kasih hendri atas testimoninya..
    hendri mungkin harus lebih banyak promosi untuk meningkatkan okupansinya… sering2 aja ngasi informasi di forum2..
    yakin deh, banyak nanti yang nyari.. semakin banyak posting tentang kos2an murah itu pasti semakin banyak hasil googling yang muncul..

  5. buat Handi…
    memang estimasi diatas hanya perkiraan uda saja.. karena kos2an seperti ini tidak harus dipinggir jalan utama.. karena konsumennya juga ga menengah keatas..bangunannya juga ga harus semewah hotel, karena emang kita sewakan dengan harga murah..
    so masih banyak peluang..

  6. saya dah naksir lokasi dekat satu kampus pas dipinggir jalan poros dengan harga 3.5m saya prkirakan 40 kamr tolog kasi solusinyta dong

    • Buat marwin..
      bagus tuh lokasinya..strategis.. dulu waktu masih dijogja ada juga tuh yang buat dekat kampus UGM, kalo mau nginep kudu pesen dulu 2 hari sebelumnya..dalam arti occupancynya udah cukup tinggi..usul saya (ini dari uda) kalo memang tujuannya buat kos2an murah, bangunannya ga usah mewah2.. nanti pengembalian investasinya bisa lama.. yang penting fasilitas parkir jangan lupa..dan ukur dulu daya beli dilingkungan tersebut..artinya kalo menyasar ke mahasiswa, sesuaikan dengan elit ato tidaknya kampus tersebut..

      • saya sudah menjalankan bisnis ini. ada 5 kamar yang saya sewakan seharga 60rb/hari dengan layanan extra laundry dan sarapan, bahkan saya beri akses internet. Buat yang tertarik untuk menginap silahkan kunjungi kosan kami di jl.cisitu indah v no.78 bandung. call ke 0813885044452.

  7. Disewakan kamar-kamar kost harian (Rp.40rb./hari).Lokasi Jl.PHH.Mustopa, Setia 5 No.27 (dpn SMA Yas), Bandung(dkt.tmnal busCicaheum).Tlp.085697012231&(022)72524567

  8. Di sewakan Kamar-Kamar Kost Harian AC Rp.150rb/hari. Lokasi Jalan Mampang Raya No.6 ,sebelah Hotel Maharani, Sebelah SPBU shell. Jalur Busway Dukuh Atas-Ragunan. Hub: 0817-488-9623

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s