Ide 7: Membuat Rumah Makan Padang Lebih Menarik


rKalo kita cermati bersama bahwa keberadaan RM Padang disekeliling kita bukan fenomena asing lagi, jika anda orang Indonesia ataupun pernah tinggal di Indonesia, yakin deh pernah mampir ato nyicip di yang namanya RM Padang.

Mulai dari hidangan berkelas sampai pada kelas mahasiswa akhir bulan pun RM Padang ini tersedia disekitar kita, sebut saja merek Sederhana, Sari Bundo, Sari Ratu, Natrabu (beberapa RM Padang yang Udah Franchise) sampai pada Jam Gadang, Batuah, Simpang Tigo, Pondok Salero dll, dijamin deh semua segmen terpenuhi.

Seperti yang biasa kita ketahui konsep RM Padang adalah sejenis hidangan yang siap saji dan semi self service (kalo dipadang gaya ini disebut Ampera) dan gaya manajemen tata kelolanyapun (governance) sudah terbukti ampuh karena kebanyakan menerapkan konsep bagi hasil bagi karyawannnya.

Tapi tak pelak lagi dengan kompetisi yang secara alami terjadi diantara mereka menuntut inovasi yang harus senantiasa dikembangkan untuk memenangkan persaingan, Uda pernah cerita ketika dia sekolah di Padang dulu dia menemukan RM Padang yang menampilkan kesan fresh dari salah satu ato beberapa masakannya dan ada juga yang menyediakan tambahan beberapa macam sayuran didaftar menunya (secara gitu loh..kebanyakan yang sering kita temui cuma daun singkong). hal ini menjadi pembeda ato biasa disebut differentiaton dalam bahasa marketing, yang tidak banyak terpikirkan oleh kebanyakan pemilik RM Padang, baiklah dibawah ini Mietha coba jelasin satu2 ya inovasi diatas:

1. Menampilkan kesan Fresh dari beberapa jenis Masakan

Jenis masakan yang bisa ditampilkan adalah sejenis ‘gajeboh’ dan ‘Sop Sapi’ yang ditaruh diatas Kuali besar(orang Padang menyebutnya Kancah) dan periuk besar dan diselalu dipanaskan diatas kompor dengan api kecil, aroma yang dikeluarkan dijamin akan membangkitkan selera. hidangan ini diletakkan didepan disamping etalase makanan.

2. Menambah variasi menu sayuran didaftar menu

Sebenarnya Ranah Minang itu kaya dengan variasi menu sayuran yang tidak pernah kita temui di RM Padang baik yang yang berjenis kuah bening, urap, lalapan, maupun yang berkuah santan, hal ini mietha rasa juga untuk menghindari Stereotype RM Padang itu kaya kolesterol yang ditakuti kebanyakan orang yang sadar kesehatan.

Nah itulah beberapa ide yang mungkin bisa jadi inovasi bagi RM Padang, semoga bermanfaat.

(terima kasih buat Uda atas Idenya….luv u)

About these ads

5 thoughts on “Ide 7: Membuat Rumah Makan Padang Lebih Menarik

  1. Terima kasih Adi N atas kunjungannya..
    semoga menambah semangat mietha dalam menulis lebih banyak.
    saya sudah kunjungi juga blognya Adi N

  2. ass.uni ta slm kenal. saya mau tanya bagaimana cara kita membuat sistem rumah makan padang agar bisa kita franchisekan. sekarang saya sdh punya rm. makan padang.wass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s