IKAN, MENU SEHAT DAN LEZAT


Saya dan suami yang berasal dari Sumatra sangat menyukai makan ikan, terutama ikan tongkol. Saya merasa heran di pulau jawa, saya banyak menemukan orang yang tidak begitu menyukai menu dari ikan. Paling menu ikan yang sering mereka gunakan adalah ikan asin, ikan pindang atau ikan air tawar. Padahal menurut selera saya menu dari ikan justru paling tidak tidak membosankan dibandingkan menu dari ayam, daging atau telur. Karena ikan mempunyai banyak jenis. Contohnya saja ikan laut seperti tongkol, selar,  kakap, tuna, bawal, bader,talang, patin, tenggiri, ikan sebelah, layur,  kembung (kembung pun ada beragam, kalau di Padang ada yang namanya gambolo, suaso, dll).

Di Bandung, saya sulit sekali menemukan penjual ikan yang menjual ikan yang betul-betul segar seperti yang sering saya temukan waktu di Padang dulu, penjual ikan menjual ikan bukan ikan yang diawetkan dengan es, tetapi masih segar dan bercampur pasir. Rasanya ikan segar ini enak sekali, gurih, manis dan fresh.

Ditinjau dari segi gizi, menu makanan hewani dari ikan merupakan menu yang lebih sehat dibandingkan menu yang berbahan dasar ayam, daging dan telur. Ikan mengandung banyak lemak omega 3 yang berguna untuk kesehatan, rendah kolesterol dan mengandung kadar protein yang tinggi.

Ikan pun dapat diolah menjadi berbagai macam sajian yang lezat, seperti sop, asam pedas, gulai , bakar, pepes, rendang, berbagai macam variasi gorengan seperti goreng biasa, balado, goreng tepung, dan lain-lain.

Ngomongin masalah ikan, saya jadi lapar…mau makan ikan masak apa ya hari ini??? Hmmm……

4 thoughts on “IKAN, MENU SEHAT DAN LEZAT

  1. Halo uni, salam kenal. Iseng2 blogwalking ketemu blog sesama urang awak :)

    Saya juga suka sekali ikan laut, dan skrg kebetulan tinggal di Bandung. Sulit memang dapet ikan laut di Bandung, jadinya makan ikan air tawar, telur,dan tahu-tempe sebagai sumber protein saya sehari2.

    Blognya menarik uni, saya numpang baca2 yah :p

  2. Tarimo Kasih Dini…salam kenal baliak

    hehe..sekarang jadi langganan hunting ikan segar dipasar samo Misua…dipasar Ciroyom pagi2 tiap sabtu kalo Misua Libur karajo..

Leave a Reply

