Lemak Tidak Jenuh – Trans


Lemak Tak jenuh TransAnda tentu sudah mengetahui bahwa lemak tidak jenuh jauh lebih sehat daripada lemak jenuh. Tapi tahukan anda, bahwa tidak semua lemak tidak jenuh baik untuk kesehatan.

Secara kimiawi, bentuk ikatan lemak tidak jenuh ada dua. Yaitu bentuk trans (lurus) dan bentuk cis (bercabang). Nah, beberapa penelitian yang dilakukan, mengatakan bahwa ternyata lemak tidak jenuh bentuk trans meningkatkan resiko penyakit jantung koroner lebih besar daripada lemak jenuh.

Jadi, apa saja makanan sumber lemak trans? Lemak trans berasal dari makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh. Walaupun pada awalnya, makanan tersebut mengandung lemak tidak jenuh bentuk cis, tetapi proses pemanasan akan bisa mengubah lemak bentuk cis menjadi trans. Selain itu, proses penambahan ion hydrogen atau hidrogenisasi akan bisa menghasilkan lemak trans. Contohnya pada proses pembuatan mentega dan margarine. Jadi, sebaiknya daripada menggunakan mentega atau margarine untuk menggoreng, lebih baik menggunakan minyak goreng yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tetapi untuk mencegah perubahan bentuk ikatan lemak karena proses pemanasan, maka gunakan minyak goreng secukupnya dan untuk sekali penggorengan. Sekarang, sudah ada proses yang bisa menghilangkan lemak trans pada proses hidrogenisasi, maka anda juga bisa memilih margarine yang bebas lemak trans yang sekarang sudah ada di pasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s