ASMA


AsmaAsma merupakan penyakit yang banyak dialami oleh manusia. Walaupun data nasional mengenai jumlah penderita asma belum ada, tapi diperkirakan ada sekitar 10% anak Indonesia menderita asma. Di Negara industri penderita asma berkisar antar 4-4,9% (Warner,87).

Pengertian asma

Asma berasal dari bahasa .Yunani yaitu sukar bernafas. Bahasa awamnya diistilahkan dengan ‘bengek’ yaitu serangan sesak nafas berbunyi mencuit-cuit, istilah medisnya wheezing dan bahasa jawanya ‘mengi’. Penyakit asma ini ditandai dengan gejala-gejala akibat gangguan dan penyempitan pada saluran nafas terutama pada bronkus atau batang tenggorok. Biasanya asma ini disertai oleh riwayat alergi pada pasien atau keluarga. Saluran nafas pasien penderita asma menjagi hiperaktif yaitu reaksi berlebihan jika terpapar dengan factor pencetus.

Gejala asma

Beberapa gejala penyakit asma

  • Batuk
  • Nafas cepat
  • Nafas bunyi
  • Sesak nafas, sakit dada dan gelisah
  • Sianosis (kebiruan di sekitar mulut), ini terjadi bila serangan asma cukup berat.

Faktor pencetus asma

  • Golongan hisapan, debu rumah dengan tungaunya, asap (rokok, obat nyamuk), kapuk, bulu binatang, kecoa (kotoran dan serpihannya) dan minyak wangi
  • Golongan makanan, makanan yang dapat menjadi pencetus asma antara lain, kacang tanah, coklat, es, tomat, makanan dengan MSG
  • Infeksi saluran nafas contohnya flu
  • Perubahan cuaca
  • Kegiatan jasmani misalnya olahraga
  • Psikis misalnya keadaan stress

Penanggulangan

Pencegahan

Pencegahan asma adalah dengan menghindari faktor pencetus dan memakai obat asma. Yang belum asma jangan sampai kena asma, yang sudah asma dijaga supaya jangan sering kambuh dan yang sering kambuh dijaga supaya tidak bertambah berat lagi.

Pengobatan

Obat asma diperlukan untuk melebarkan saluran pernafasan. Pemberian obat ada yang secara oral (melalui mulut), parenteral (suntikan) dan inhalasi (hirupan). Obat inhalasi efeknya lebih cepat dengan dosis rendah dan efek negatifnya juga rendah. Obat inhalasi ini bisa diberikan dengan dosis rendah karena langsung bekerja pada saluran pernafasan.

6 thoughts on “ASMA

  1. nice info! makasih ya..
    saya salah satu pengidap asma ni.
    yang saya bingung, sejak kira-kira tahun 2008 jika saya ke daerah dingin asma saya pasti kambuh (misal ke Bandung dan ke Wonosobo) padahal sebelum itu saya ke daerah dingin asma saya tidak pernah kambuh (sebelumnya juga ke Bandung, Malang dll). kenapa ya kira-kira?? dulu waktu saya SMA, asma saya itu kambuh kalau cuaca sedang puanasss bgt dan badan saya capek. oya, satu info lagi, asma saya kambuhnya pasti dinihari sekitar pukul 3-4 pagi gitu. dan selama ini kalo kambuh, saya minum obat dan efeknya cukup bagus. kurang dari 1 jam udah bisa bernafas lega lagi dan melanjutkan tidur.

  2. vivo en colombia y me gustaria saber como hago para traducir tu pagina soy diamante gracias por aceptar mi amistad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s