Ide 9: Bisnis Susu Kedelai


susu

(Susu Alternatif diluar Susu Sapi yang Rentan Sakazaki)

Sebenarnya susu dari bahan baku kedelai sudah lama menjadi trend diluar negeri sebagai susu alternatif dan menjadi pilihan banyak keluarga untuk pemenuhan gizinya. Di Indonesia boomingnya susu kedelai ini menjamur 5 tahun belakangan dan membentuk image sebagai susu sehat dan secara cepat mengedukasi pasar sehingga banyak yang melirik sebagai lahan bisnis yang cukup menjanjikan.

Sebenarnya kalau kita melongok lebih dalam melihat susu kedelai ini, ada proses yang sangat sederhana dan menggunakan bahan baku yang juga sederhana dan gampang didapat.

“Yuk kita liat dulu dech gimana susu kedelai itu dibuat”:

Bahan-bahan :

  • 250 gram biji kedelai kuning
  • Soda kue 7,5 gram
  • Air panas 2 liter
  • Flavoring
  • Gula pasir secukupnya

Alat yang digunakan :

  • Baskom
  • Panci
  • Blender
  • Saringan alumunium dan kain saring

Cara Pembuatan :

  • Kedelai yang telah dipilih, dicuci sampai bersih kemudian direndam selama 8 jam
  • Tiriskan kedelai, cuci dan bersihkan dari kulit arinya
  • Taburi kedelai dengan soda kue 7,5 gram dan dikukus dengan air kukusan sebanyak 1 Liter
  • Kukus selama 20 menit, lalu angkat dan tiriskan.
  • Kedelai yang telah dikukus, ditambahkan air panas sebanyak 1,5 Liter dan dihaluskan dengan blender
  • Saring bubur kedelai lalu tambahkan flavoring dan gula

Melihat uraian diatas, kayaknya ga usah aja ya dibuat perkiraan modal yang harus disiapkan untuk bisnis rumahan sederhana ini, karena bisa diperkirakan dengan mudah.

Trus gimana dong dengan pemasarannya??

Langkah pertama:

Coba dech kemas susu ini dengan sentuhan cita rasa dan presentasi yang unik sehingga nilai susu kedelai yang murah menjadi terangkat dan berkelas trus dikerjasamakan dengan warung-warung makan, cafe2 sederhana, pusat kebugaran dll.

Langkah kedua:

Jika mempunyai sedikit kelebihan modal, anda bisa membuat fabrikasi sederhana untuk menunjang peningkatan image dari produk anda ini.

Langkah ketiga:

Anda bisa meningkatkan performa penjualan dengan konsep pemasaran yang bagus sehingga mempermudah penetrasi.

Udah ah..mungkin itu dulu idenya, kalo mo ngobrol lebih lanjut, silahkan tanya aja ama Udanya Mietha ya, semoga bisa jadi inspirasi buat semua..

See u next my bussiness idea……………………………..

5 thoughts on “Ide 9: Bisnis Susu Kedelai

  1. saya sebenarnya cukup tertarik mba, tapi saya mau tanya. kira2 berapa lama kekuatan susu kedelai bikinan sendiri ini bertahan agar baik untuk dikonsumsi. thanks

  2. Artikel anda sangat membantu saya dalam membuat tugas tentang usaha susu kedelai, dan semoga ada artikel lainnya yang bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s