Wabah Hepatitis A


Sekitar bulan Agustus ini, terjadi wabah hepatitis A di daerah tempat saya tinggal, yaitu sekitar UGM Yogyakarta. Korbannya kebanyakan anak kos, bahkan seorang teman seasrama saya ikut terkena wabah ini.  Hepatitis adalah penyakit peradangan hati karena berbagai sebab. Hepatitis ada beberapa macam yaitu Hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. Hepatitis A disebabkan oleh virus yang bisa ditularkan melalui makanan dan kotoran atau inja penderita. Hal ini tentu saja sangat rawan sekali bagi anak-anak kos yang biasanya memang makan di luar alias beli makanan di warung-warung.

Makan di warung makan, memang memperbesar kesempatan tertular berbagai macam penyakit. Salah satunya hepatitis A tadi, yang bisa ditularkan melalui peralatan makan yang kurang bersih, air cuci piring yang jarang diganti dan lain-lain. Sendok dan peralatan makan lain yang digunakan orang yang terkena hepatitis bisa menular pada pengguna lain jika tidak dicuci dengan bersih dulu.

Gejala dari hepatitis A ini adalah demam tiba-tiba, hilang nafsu makan, mual, muntah, penyakit kuning (kulit dan mata menjadi kuning), air kencing berwarna tua, tinja pucat. Segera bawa penderita sakit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Solusinya buat anak kos yang selalu membeli makan diwarung adalah, tidak makan langsung di warung, tetapi membungkusnya dan makan di rumah. Jika mempunyai waktu, lebih baik masak sendiri, selain lebih hemat, sesuai selera dan tentu saja jauh lebih higienis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s