Bahaya Radiasi Telepon Seluler


Saat ini ponsel atau handphone sudah menjadi kebutuhan. Hampir setiap orang sudah mempunyai ponsel. Rasanya kita begitu susah dan tidak mungkin mungkin jauh dari benda satu ini. Namun, beberapa sumber menyebutkan, kalau ponsel dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius.


Ponsel merupakan barang elektronik yang dapat menimbulkan radiasi dalam jumlah cukup besar. Sejak beberapa tahun lalu, efek radiasi ponsel terhadap kesehatan sudah mendapat perhatian para ilmuwan.

Beberapa penelitian yang diadakan menyebutkan bahaya radiasi ponsel terhadap kesehatan. Bagian tubuh yang paling rentan terkena adalah otak, karena saat digunakan, otak yang terdapat di dalam kepala mendapat paparan langsung dari ponsel. Gejala umum yang sering ditemukan adalah keluhan pusing, susah berkonsentrasi, sulit tidur dan mual. Namun ada bahaya lebih serius yang dilaporkan antara lain kehilangan memori otak dan tumor otak.

Selain itu, ada resiko kesehatan lain yang ditemukan antara lain penurunan kualitas sperma, menyebabkan kerusakan DNA, perubahan hormonal dan bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Namun, sebagian berpendapat bahwa ponsel dinilai cukup aman bagi kesehatan dan tidak menimbulkan efek kesehatan yang merugikan. Jadi, keamanan ponsel terhadap kesehatan masih menjadi kontroversi dan memerlukan penelitian lebih lanjut. Anda tertarik untuk meneliti?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s