Kandungan Gizi Telur


Telur merupakan bahan makanan yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Telur sebagai sumber protein mempunyai banyak keunggulan antara lain, kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan bahan makanan lain seperti ikan, daging, ayam, tahu, tempe, dll. Telur mempunyai citarasa yang enak sehingga digemari oleh banyak orang. Telur juga berfungsi dalam aneka ragam pengolahan bahan makanan. Selain itu, telur termasuk bahan makanan sumber protein yang relatif murah dan mudah ditemukan. Hampir semua orang membutuhkan telur.

Nilai gizi telur

Sebenarnya apa saja kandungan dalam sebutir telur? Berikut adalah tabel nilai gizi telur dalam 100 gram bahan makanan. (100 garam itu, kira-kira 2 butir telur ayam kampung).

Zat gizi

Telur ayam

Telur bebek

Telur penyu

Kalori (kcal)

162

189

144

Protein (gr)

12,8

13,1

12

Lemak (gr)

11,5

14,3

10

Karbohidrat (gr)

0,7

0,8

0

Vitamin A (SI)

900

1230

600

Thiamin (mg)

0,10

0,18

0,11

Vitamin C

0

0

0

Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandung lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Kandungan kolesterol di dalam 100 gram telur adalah sekitar 424 mg. Wow, cukup banyak ya. Padahal kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg perhari. Jadi, mengkonsumsi telur sebaiknya cukup sekitar 2 butir per minggu. Selang-selingi lauk hewani dengan bahan makanan lain untuk meningkatkan variasi makanan. Sesuai dengan pesan dari pedoman umum gizi seimbang (PUGS) yaitu makanlah bervariasi makanan, karena tidak ada satu jenis makanan yang mempunyai kandungan gizi lengkap.

Tips memilih telur

  1. Pilihlah telur dengan kulit utuh, tidak retak atau pecah, bersih dan tidak ada noda.
  2. Jika dilihat dari isinya, telur yang masih baru mempunyai rongga udara yag kecil, kuning terletak ditengah, putih telur kokoh. Telur yang sudah lama disimpan, akan mempunyai rongga udara yang besar sehingga bisa mengapung apabila telur dimasukkan ke dalam air.
  3. Telur yang mutunya bagus ditandai dengan tidak adanya suara (koclak/terkocok) waktu telur tersebut digoyang.

(no 4 dan 5 untuk menentukan mutu telur setelah dipecah dan memerlukan perhitungan yang agak rumit). Kayaknya kalau ibu-ibu belanja, nggak bakalan sempat untuk menghitung ini duluan…..hehehehe

4. Mutu telur juga bisa diukur dengan Haugh Unit, yaitu pengukuran tinggi putih telur kental dan
berat    telur. Telur yang segar mempunyai Haugh Unit :100, telur yang baik : 72 dan telur yang rusak kurang dari 50.

5. Indeks kuning telur dan Indeks putih telur juga dapat menetukan mutu telur. Indeks kuning telur (Ikt) merupakan perbandingan tinggi kuning telur dengan diameternya yang diukur setelah dipisahkan dari telurnya. Nilai Ikt normal adalah 0,33-0,50. Rata-rata telur mempunyai Ikt 0,42. Makin lama telur disimpan, nilai Ikt makin kecil akibat migrasi air.

Sedangkan indeks putih telur (Ipt) adalah perbandingan tinggi telur kental dengan rata-rata diameter panjang dan pendeknya. Nilai Ipt telur segar adalah 0,050-0,174. Rata-rata telur mempunyai Ipt 0,090-0,120. Makin lama telur disimpan, Ipt makin kecil akibat degradasi ovomucin yang dipercepat pada kenaikan pH.

About these ads

81 thoughts on “Kandungan Gizi Telur

  1. 1. adewantara | February 7, 2009 at 5:40 pm

    trima kasih info gizinya

    Sama-sama Adewantara..semoga sedikit informasi ini berguna

    2. angga ^_^ | February 18, 2009 at 7:17 pm

    Thx ya Gizinya

    thx juga atas commentnya angga…

    3. nonik | March 5, 2009 at 12:33 pm

    Many thanks for info about Haugh Unit…it’s mean a lot for my job!

    terima kasih kembali Nonik… semoga kami bisa tetap berkarya menyajikan informasi yang berguna buat masyarakat

    4. VinNy | March 10, 2009 at 5:07 pm

    Xie-xie ya ataz informasi telur’y itu sngat brguna bgt wat q yg ska makan telur.

    Xie xie kembali VinNy… mietha dan uda juga suka banget sama telur… telor mata sapi setengah matenggggg…heheu

  2. weeew…
    ini info yang bagus banget…
    btw aku penasaran neh???
    Kandungan Nutrisi Kuning ma Putih telur tu bagusan mana ya??
    Thax atas infonya…

    • buat wendy.. pastinya disesuaikan dengan kebutuhan.. kalo dari kadar gizinya, 100 gr kuning telur lebih baik karena mengandung 355 kalori disamping banyak vitamin2. sedangkan 100 gr putih telu hanya mengandung 47 kalori..

  3. tolong minta penjelasan tentang kondisi dalam telur. telur yang sudah rusak(tidak layak konsumsi dan apa penyebabnya?.
    apa perbedaan telur yang masih baik dan yang sudah rusak

  4. Tp Telur jg sgt baik untuk anak balita loh krn 1 btr telur sehari selama 10 hr,dpt menaikkan berat badan anak balita 2 sampai 3 ons..

  5. hmm….
    kalo telur di konsumsinya tiap hari gmn ?
    ada yang bilang, telur itu sebaiknya di konsumsi tiap hari…. ??
    nah, kalo masalah kolesterol kita, gmn sich cara ngatasinnya ? tanpa mengurangi makan telur ?
    thanks ya… :)

    • Mas Ichbal..
      sepertinya telur mania yah….
      Telur bagus dikonsumsi tiap hari, bagusnya 1 butir/hari, tapi jika profil lemak tubuhnya tinggi, sebaiknya dikurangi makan telur karena kadar kolesterol telur cukup tinggi..
      Mengonsumsi makanan nabati bisa meningkatkan asupan protein nabati yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol berlebih misalnya (jamur, jeruk nipis, alpukat, buah2an yg berwarna, tempe, kacang tanah dll serta jangan lupa olah raga teratur.

      kalo mau sehat tentu ada syaratnya mas Ichbal..heheu..

  6. Makanlah terlur dengan jumlah tak terbatas… aman kok. Jangan terpancing masalah kolesterol… Kolesterol itu hanya mitos… Gak ada yang namanya kolesterol baik dan kolesterol jahat.
    Justru batasi asupan karbohidrat, karena banyak konsumsi makanan karbohidrat tinggi akan membunuh anda…

  7. Istilah kolesterol jahat itu digunakan untuk LDL (Low Density Lippoproptein) yang membawa lemak ke pembuluh darah, sehingga kalo lemak tsb terlalu banyak di pembuluh, akan menyebabkan penyempitan pembuluh.. Istilah kolesterol baik digunakan untuk HDL (High Density Lippoprotein) yang bekerja berlawanan dg LDL..

  8. Pingback: Resep berbagai penyakit ringan ala My Mom « Produk ngelamun…

    • Bapak Suharijoko..
      heheu…biasanya yang banyak tu orang pengen kurus pak…bapak malah pengen gemuk..
      tapi gpp, kurus dan gemuk itu saya rasa pilihan…heheu
      saya kira dgn tinggi 169 CM dan berat 60 KG, itu kategori normal pak.. bukan kurus banget..
      dengan mengkonsumsi telur 10 butir perhari itu juga tidak baik pak, karena idealnya konsumsi telur itu 1 butir perhari, kecuali bagi yang sedang melakukan pekerjaan berat atau fitnes, itu juga ada takarannya.
      saran saya jika skrg gaya hidup bapak kurang sehat, perbaikilah terlebih dahulu, jika bapak merokok berhentilah, mending duit rokok bapak belikan makanan yang banyak dan bapak bisa mengganti rokok dengan cemilan.

      demikian saran saya.

  9. jadi kandungan protein per 100 gr sekitar 12gr, tapi ada yg bilang itu kandungan telur di amerika yg ayamnya sehat2 kalo telur ayam indonesia per butir hanya punya 3gr protein saja, apa itu benar?? ditunggu nih jawabannya(:

  10. thx ya atas info”y,,,,,,aku lagi cari makanan yang berprotein tinggi,,,,untuk mendukung olah raga favorite ku,yaitu bina raga,,,,,
    skali lg thx ya….

  11. wah.. ini info yg lagi saya cari2.. klo aku terhitung kurus bgt ehehe.. soalnya tinggi 170 berat cm 45kg.. skg saya sedang berusaha menggemukan badan dengan cara fitnes, untuk masalah konsumsi telur saya tiap hari cuma 1 telur per hari. yg saya mau tanyakan berapa banyak jumlah telur yg bisa saya konsumsi perhari dan tidak berefek buruk bagi kesehatan tubuh saya yang lainnya, seperti yg diatas sudah di ceritakan yaitu telur mengandung kadar kolesterol yang cukup besar. thanks

  12. saya sedang program untuk hamil, dengar dari teman2 bahwa putih telur ayam kampung bagus untuk dinding rahim, untuk membantu penempelan embrio. Dan diajurkan 2-4 butir sehari.
    Apakah hal ini betul mengenai putih telur?
    Thank u :)

  13. Thank Rhiana to comment nya..
    Kandungan nutrisi yang ada dalam telur, terutama komposisi asam amino yang lengkap, sehingga sangat bagus untuk kesehatan semua orang, bukan hanya untuk ibu hamil.

    Menurut saya, mengenai apakah putih telur mampu membantu merekatkan embrio pd dinding rahim, mungkin bukan efek secara langsung..tapi dg konsumsi gizi yang cukup yg didapat dari berbagai makanan (termasuk telur), maka akan menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu..

    Jadi tetap konsumsi gizi seimbang selama hamil, dan bukan hanya telur, apalagi cuma putih telur…

  14. wah sukron banget kabar gizinya,,,,,
    nih ane punya anak umur 1,5 th bb nya cuma 10 kg…. nah biar cepet ndut, kiranya baik nggak jk mengkonsumsi 2 or 3 telur ayam per hari ,,,,,,, mohon jawabanya yooo jazakallah

  15. kenapa kalau makan telur terlalu banyak, membuat kita jd sakit kapala??? kandungan apakah di dlm telur yg membuat kita sakit kepala kalau mengkonsumsinya terlalu banyak??? please HELP.. thx.. :)

  16. kandungan lemak dan kolesterol dalam telur cukup tinggi..sehingga salah satu efeknya bagi sebagian orang adalah merasa pusing setelah mengkonsumsi telur…

    • di dalam putih telur banyak terkandung protein yang bagus untuk pembentukkan otot, putih telur juga rendah lemak sehingga tidak menambah penumpukkan lemak. sedangkan kalau kuning telur banyak mengandung lemak dan kolesterol.

  17. bagaimana dengan kandungan albuminnya?berapa kadar/kandungan albumin pada setiap satu butir telur? terimakasih :)

  18. bagaimana kalau kita melakukan aktivitas berat
    apakah masih bermasalah jika mengkonsumsi sampai lebih dari 2 butir telur?

    anggap saya melakukan aktivitas harian sampai 2500kcal / hari
    dan konsumsi harian saya plus telur (putih dan kuningnya) 6 butir / hari
    berarti kira2 500kcal
    dan konsumsi harian saya dari sumber makanan lainnya 2000kcal

    berarti kan kalori masuk = kalori keluar
    apakah ada masalah jika mengkonsumsi telur sebanyak itu tapi diimbangi dgn aktivitas yg berat?

  19. Terima kasih infonya. seXan mnt izin mau saya pakai info dari corner mbak Mietha (blog) di blog (adabika.blogspot.com) saya. Boleh ya? terima kasih.. seXan promosi, mhn di share, beri komen dan jd member blog sy y.. he..tq bgt. mdh2n dibales Allah swt. amiin

  20. Thnkss info nya…berguna banget,oh yaa,.sy sdng diet ketat apakah boleh sarapan tiap pagi dgn 1 butir telor rebus??

  21. sy biasa makan telur per hari 3 sd 5, apakah baik bagi kesehatan saya? padahal sy makan telur kepengen gemuk, karena sy orangya kurus banget dengan tinggi 165cm bb 50kg. tolong ya, bantu sy. sy tunggu jawabanya.. tk byk yah!

    • Kalau direbus sempurna, artinya sampai benar-benar matang, dalam waktu 8 jam, telur masih bisa untuk dikonsumsi (Apalagi kalau telur asin, biasanya lebih awet karena garam juga membantu untuk mengawetkan telur).

  22. anda sebenernya udah tau….per 100 gram mengandung 400 kolesterol…..sekarang saya tanya berat telur 1 butir berapa grammm,,,, jdi pernyataan di atas di benerin dulu…ngsih info laen kali yang bener

    • Sakit kuning biasanya berhubungan dengan penyakit hati dan empedu. dalam keadaan tersebut biasanya, seseorang dianjurkan untuk mengurangi makanan yang tinggi lemak. Telur, termasuk salah satu makanan yang banyak mengandung lemak. Namun, konsumsi dalam jumlah terbatas, masih diperbolehkan..

  23. mengenai telur ayam ko ada yang bilang kalorinya itu 70kal per butir , ada yang bilang juga 93-97kal, mana yang bener????

  24. mungkin itu tergantung dari besar kecilnya telur..namun pada umumnya dengan rata-rata berat telur 50-60 gram per butrir, kandungan kalorinya adalah sekitar 75 kkal. (mietha)

  25. Telur itu mudah, dmn aj kapan aja, telur bs kt mkn,gak sulit mmsaknya, tinggal di dadar atau di buat mt sapi, hm… Nyami bukan?

    • Telur memang mengandung zat gizi yang baik, terutama dari komposisi asam amino penyusun protein. oleh karena itu , telur sangat bagus untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
      Namun, untuk orang dewasa, harus hati-hati konsumsi telur (kalau dikonsumsi setiap hari) karena kandungan kolesterol nya yang tinggi..

  26. Mbak, mau koreksi aja,, pusing setelah makan telur bukan karena efek kolesterol, melainkan dari adanya bakteri salmonella yang ada dalam telur

  27. kaaa,,,,, klo kandungan telur wat orang kolestroll gimana????
    trusss,,, kan suka da yg jual telur bebek palsu,,,,ntu gimana ???gimana cara ngebedain ma yg telur bebek asli???apa akibatnya wat kesehatan klo dikonsumsi???
    makasih kaaa,,,,,

  28. FYI
    Saya berkegiatan Fitness stlah pulang kerja, dan setiap hari saya konsumsi telur 10butir dgn Perbandingan 2utuh dan 8putih. Yang harus diingat adalah konsumsinya harus benar2 masak jangan mentah krna mengandung bakteri. saat qt beraktifitas maka kolesterol atau lemak akan ikut terbakar menjadi energi
    CMIIW
    Putih telur mengandung +- 3g protein dan kuning telur +- 3g protein (plus lemak dan kolesterol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s