Makanan Pendamping ASI (MPASI) Pertama


Saat ini usia si kecil sudah menginjak 6 bulan. Tentu dia mulai membutuhkan makanan lain selain ASI Bunda, karena kalau mengandalkan ASI Bunda tentu tidak akan mencukupi kebutuhan si kecil yang sudah meningkat. Nah, kira-kira Makanan Pendamping ASI apa yang cocok untuk buah hati di awal-awal ini?
Sebagai tahap awal, bunda bisa memberikan bubur susu. Bubur susu ini merupakan makanan yang disarankan sebagai tahap perkenalan untuk bentuk makanan yang lebih padat dibanding susu atau ASI. Apa saja contoh bubur susu ini?
1. Tepung beras + ASI/susu formula
Ini merupakan bubur susu yang bisa pertama diberikan pada si kecil sebagai tahap perkenalan dengan MPASI. Cara bikinnya juga gampang sekali. Ambil satu sendok makan tepung beras, lalu tambahkan sekitar 3 sendok tepung susu formula, tambahkan kira2 setengah gelas air, aduk-aduk, lalu masak sampai matang. Saat memasak, aduk aduk terus agar tidak terjadi penggumpalan tepung. Susu formula bisa diganti dengan ASI jika bunda mempunyai ASI yang cukup.
Dihari pertama, jumlah susu agak banyak dibanding tepung , kemudian selanjutnya bisa dikurangi. Berikan bubur ini sekitar 3 hari.

2. Sayuran + ASI/susu formula
Setelah bubur susu tepung beras, bunda bisa memberikan bubur susu sayuran. Untuk pertama kali, berikan satu jenis sayuran dalam setiap pemberian makan. Contoh sayuran yang bisa digunakan : wortel, bayam, kangkung, katuk, dll. Contoh : bubur susu wortel . Kupas satu buah wortel, lalu blender, tambahkan susu dan masak sampai matang. Bisa juga wortelnya dikukus terlebih dahulu lalu diblender dengan susu. Sajikan.

3. Buah + ASI/susu formula
Berikan buah-buahan setelah si kecil diperkenalkan dengan sayur-sayuran. Karena rasa buah-buahan yang manis cenderung lebih mudah diterima bayi dibanding sayuran. Berikan satu jenis buah-buahan dalam setiap pemberian untuk tahap perkenalan. Buah-buahan yang bisa digunakan adalah yang matang, tidak terlalu asam, dan mudah didapat. Contohnya Pisang, alpukat, papaya, dll. Untuk buah jeruk, sebaiknya diberikan setelah bayi berusia diatas 7 bulan. Cara membuatnya sama seperti bubur sayuran. Untuk buah-buahan yang lembut seperti pisang, alpukat, pepaya, dapat diberikan langsung setelah dihaluskan dan ditambah susu. Sedang untuk buah-buahan yang agak keras, sebaiknya dikukus terlebih dahulu.

Nah, itu adalah makanan pendamping ASI yang dapat diberikan pertama kali. Sekarang tinggal menyuapi si kecil. Ayo sayang, buka mulutnya……hmmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s