3 J Aturan Makan Penderita Diabetes


Diabetes

Penderita diabetes biasanya mempunyai kecendrungan perubahan kadar gula yang drastis. Sehabis makan, kadar gula akan tinggi dan beberapa lama tidak mendapat asupan makanan, maka kadar gula darah akan rendah sekali. Jadwal makan harus teratur untuk mencegah terlalu besarnya rentangan kadar gula darah.

Ada istilah 3 J yang harus diingat oleh para penderita diabetes dalam mengatur pola makan sehari-hari:

1.Jadwal

Pengaturan jadwal bagi penderita diabetes biasanya adalah 6 kali makan. 3 kali makan besar dan 3 kai selingan. Adapun jadwal waktunya adalah sebagai berikut;

a.Makan Pagi (jam 07.00)

b.Snack I (jam 10.00)

c.Makan siang (13.00)

d.Snack II (jam 16.00)

e.Makan malam (jam 19.00)

f.Snack III (jam 21.00)

Usahakan makan tepat pada waktunya, karena apabila telat makan, akan terjadi hipoglikemia (rendahnya kadar gula darah) dengan gejala seperti pusing, mual, dan pingsan. Apabila hal ini terjadi segera minum air gula.

2.Jumlah

Perhatikan jumlah/porsi makanan yang anda konsumsi. Prinsip jumlah makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah porsi kecil dan sering, artinya makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Adapun pembagian kalori untuk setiap kali makan dengan pola menu 6 kali makan adalah sebagai berikut ;

a.Makan Pagi (20%)-maksudnya 20% dari total kebutuhan kalori sehari

b.Snack I (10%)

c.Makan siang (25%)

d.Snack II (10%)

e.Makan malam (25%)

f.Snack III (10%)

3.Jenis

Jenis makanan menentukan kecepatan naiknya kadar gula darah. Kecepatan suatu makanan dalam menaikkan kadar gula darah disebut juga indeks glikemik. Semakin cepat menaikkan kadar gula darah sehabis makan tersebut dikonsumsi, maka semakin tinggi indeks glikemik makanan tersebut. Jadi, hindari makanan yang berindeks glikemik tinggi seperti sumber karbohidrat sederhana, gula, madu, sirup, roti, mie dan lain-lain.

Makanan yang berindeks glikemik lebih rendah adalah makanan yang kaya dengan serat. Contohnya sayuran dan buah-buahan.

 

(BERHUBUNG BANYAK SEKALI PERTANYAAN TERKAIT ARTIKEL INI, BAGI PERTANYAAN YANG BUTUH SEGERA DIJAWAB, DI KIRIM KE EMAIL : alya_faidza@yahoo.com. atau kl yg urgent sekali, sms ke 085228706690 (Insya Allah saya usahakan memberikan jawaban, apa yg bisa saya bantu) MOHON MAAF, APABILA ADA PERTNYAAN DI ARTIKEL INI YANG BELUM/TELAT MENJAWABNYA. TERIMA KASIH

About these ads

143 thoughts on “3 J Aturan Makan Penderita Diabetes

  1. thanks ipah atas comment nya..
    Makanan yang tidak dinajurkan atau harus dibatasi oelh penderita diabetes adalah:
    1. Mengandung banyak gula sederhana, contoh : gula pasir, gula jawa, sirup, jelli, buah yang diawetkan dengan gula, susu kental manis, soft drink, es krim, kue-kue manis, dodol, cake, dll
    2.Mengandung banyak lemak, seperti cake, junk food, goreng-gorengan.
    3. Mengandung banyak natrium seperti ikan asin, telur asin, dan makanan yang diawetkan

    catt: jaga jadwal makan, porsi dan jenis makanan yang dimakan

  2. 1. Adakah sayuran dan buah2an yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabet

    2. Ibu saya meninggal karena diabet, diagnosa terakhir yang terkena adalah paru-paru nya, mengapa demikian?

    Tx

  3. Halo Yuli..
    Untuk sayuran, terdapat dua golongan sayuran, ayitu sayuran golongan A (seperti bayam, buncis, labu siam, daun singkong, wortel, kacang panjang, dll) dan golongan B (seperti kangkung, mentimun, dll). Sayura golongan A mempunyai kalori cukup banyak, yaitu sekitar 50 kkal per porsi, oleh karena itu, dalam setiap jadwal makan hanya boleh mengkonsumsi sekitar 1 porsi sayurabn (kira-kira 1 gelas sayuran matang). sedangkan sayuran golongan B, yang mmepunyai kalori lebih rendah boleh dikonsumsi lebih banyak (sekehendak).

    Untuk buah-buahan, hindari buah-buahan yang mempunyai kadar lemak dan energi tinggi seperti durian, alpokat, nangka.. konsumsi buah-buahan hendaknya tidak berlebihan, cukup 1 porsi sekitar sepotong sedang pepaya atau 1 buah apel.

    diabetes dapat mempunyai beberapa komplikasi penyakit seperti penurunan nafsu seksual, gangguan pada organ mata (retinopati diabetik), gangguan saraf, katarak, PJK, paru-paru, kaki diabetik, hipertensi, dan lain-lain.

    Semoga dapat membantu.

  4. saya ingin bertanya, apakah obat sakit perut seperti “Neo Entrostop” tidak berbahaya bagi penderita diabetes?

    Terima kasih sebelumnya.

  5. Halo kresno..
    Terima kasih atas pertanyaannya..
    setahu saya, obat pencegah diare seperti itu, tidak berhubungan dengan diabetes.

    Obat-obatan yang mungkin perlu diwaspadai pada penderita DM adalah yang dapat menyebabkan turunnya kadar gula darah seperti metformin. Biasanya obat ini digunakan sebagai anti diabetes. Karena itu, minum obatnya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan juga diikuti dengan pola makan yang tepat.

    thx

    • halo wiwi, apa kabar?
      Air kelapa terasa manis karenda mengandung berbagai macam jenis gula, antara lain glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dll. Selain itu air kelapa juga mengandung mineral seperti kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), besi (Fe), tembaga (Cu), fosfor (P), dan belerang (S).
      Amankah bagi penderita DM? menurut saya, penderita DM boleh-boleh saja minum air kelapa dalam jumlah yang wajar. Jika berlebihan, tentu saja tidak bagus untuk kadar gulanya karena air kelapa juga megandung glukosa yang bisa meningkatkan kadar gula.

  6. apakah susu kedelai dapat menurunkan kadar gula darah? bagaimana dengan konsumsi susu kedelai apabila penderita juga mempunyai komplikasi dengan ginjal?

  7. Thaks artikelnya. Mau tanya benarkah orang yg terkena diabet bisa menjadi kurus secara terus menerus. Saya mengalami ini hingga tubuh terasa hanya kulit dan tulang,kira kira solusinya apa yach? Saya usia 40, sebelumnya saya penderita gingivitis sampai gigi saya goyang semua.

    • Wa’alaikum salam bpk Kemas..

      sebenarnya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan waktu yang tidak terlalu sering saya rasa ga masalah. kenapa bubur itu dianjurkan untuk dikurangi karena ketika nasi itu dipecah menjadi butiran yang lebih halus..kadar glukosanya akan semakin tinggi..

      coba saja bapak Praktekin…mengunyah nasi sampai halus dengan mengunyah nasi hanya sebentar.. jika sampai halus akan lebih manis..

      sepertinya begitu kira2 pak..

  8. Ass
    Apakah boleh penderita diabetes melakukan olahraga berat seperti fitness atau angkat besi ?
    Trimakasih

  9. Hemm mau nanya donk,…
    Kmrn nyokap w k’dokter katana kadar gulanya lmayan tinggi skrt 200an,..
    Tp nyokap w jrg mkan or minum yg mnis2x,..
    N apa itu bsa d’kata gorikan pnykt DM?

    • Mas Firman..

      DM itu tidak melulu disebabkan oleh minuman yang manis.. bisa jadi karena pengolahan gula darah yang tidak sempurna oleh tubuh.. jadi asupan gula yang masuk tidak bisa berubah menjadi energi..

  10. mau tanya knapa orang diabet harus membatasi penggunaan natrium???
    dan apa benar bubur itu akan menaikkan kdr glukosa dng cepat??
    setau saya pasien diabet slalu diberikan makanan dlm bentuk bubur…

    trim’s…

    • Mba Yut
      mungkin dia juga menderita Hipernatremia (kadar natrium darah yang tinggi) walaupun saya kira jarang sekali… jika kadar haus dan asupan cairan yang masuk normal.

    • Wa’alaikum salam Niytha..
      emang Niytha kena diabetes juga…?

      cemilan yang cocok itu yang sehat Nit.. ga terlalu banyak glukosa dan tidak berlebihan..heheu..

      apalagi nyemilnya pas mau bobo malam..dikurangi aja..

  11. Salam kenal..
    Wah artikelnya sangat berguna skali..kebetulan ibu saya lg dirumah sakit, kena DM jg.. Waktu itu gulanya nyampe 700..
    Skrg udah mulai 275..

    update terus info2nya ya..
    Makasih banyak..

  12. Skrg ne paman saya lgi di rawat dirumah sakit,karna penyakit DM.saya mau tanya obat herbal apa yg bisa menurunkan kadar gula darah?

  13. ASS.aq bq qu mw tanya diabet ada obtnya tdk? dan bisa sembuh kan/ bpk sy menderita DM sdh 5 thn dan tdk pernah ada obt yg cocok.

    • BQ..

      saya yakin tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya.. yang penting yakin saja bapak akan sembuh, karena itu bagian dari sugesti penyembuhan..

      karena datanya kurang lengkap saya ga tau penyebabnya..
      obat diabetes banyak dipasaran..

    • Mba Sabrina…

      menurut saya sangat mungkin mba..memang ada hubungannya dengan faktor keturunan. Seseorang yang kedua orang tuanya menderita diabetes sudah hampir dipastikan juga akan menderita diabetes.

      tapi jangan jadi momok yang menakutkan mba.. apalagi bapak kea diabetes ketika mba sudah lahir..

      dan juga dengan gaya hidup yang baik dan makanan seimbang….diabetes bisa di tepis..

      jangan khawatir deh..

  14. kulo nuwun
    saya mau tanya soal penderita diabetes itu, apakah kurangnya olah raga dapat menyebabkan menimbunnya gula darah dalam tubuh? lalu apabila penderita diabetes itu adalah usia lanjut bagaimana mengatasinya?
    sekian
    matur nuwun

    • Mba Eno…

      Olahraga dan diet yang tepat adalah bagian dari therapi diabetes.. otomatis jika kurang olahraga kinerja tubuh dalam mengelola glukosa tidak maksimal..
      Selain mengatur pola makan, penderita diabetes disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur dengan cara bertahap sesuai dengan kemampuan. Olahraga yang ideal adalah yang bersifat aerobik seperti jalan atau lari pagi, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Olahraga aerobik ini paling tidak dilakukan selama 30-40 menit didahului dengan pemanasan 5-10 menit dan diakhiri pendinginan antara 5-10 menit. Olah raga akan memperbanyak jumlah dan meningkatkan aktivitas reseptor insulin dalam tubuh kita.

  15. Mas Anto..

    saya kira makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah Brokoli, karena brokoli dapat memperbaiki sel yang rusak akibat diabetes.. trus yang dihindari yang tidak sehat…
    apa aja yah.. junk food, minuman2 energi dll..

    • Ass, saya mau tanya ?
      Obat apa kah yg hrus d’mnum untk penyakit gula kering pha yah ??,
      hbs kshan sya mama, dia menderita penyakit gula sdh 5 tahun, skarang bdan.nya kurus skali, trus luka2 d’kaki.nya, tambah lgi dia skrang mkin loyo dan lemas,
      apa lagi dia ada penyakit kolestrol dan sesak. . .
      Sa mau tanya mkanan2 yg bgus d’konsumsi pha yah ??
      Trus hrus mnum obat pha ??

  16. Saya mau nanya nich,setahu saya ketela kukus/rebus boleh dikonsumsi penderita diabetes.Hampir tiap hari saya bikin ketela rebus unuk camilan mertua saya. Tapi kemarin saya dengar kalau konsumsi ketela dilarang keras untuk penderita diabetes. Yang mana yang benar? Terima kasih untuk jawabannya…

  17. bagaimana cara mengeringkan luka padapenderita diabet? dan apakah penderita diabet bisa sembuh? bagaimana pola makannya?, thank’s

  18. bos, mau nanya:
    -gmn cara balikin berat bdn yg nyusut akibat diabet?
    -kpn wkt yg tepat/baik buat cek gula darah?
    -kl gula darah cenderung stabil, obat dokter ditrusin/tidak?
    -thanks bos

  19. AssaLamuaLaikum..

    4 hri yang LaLu kadar guLa Ayah saya 337. 2 hari kemudian menjadi 133.

    Apakah Ayah saya dianjurkan untuk dirawat dirumah sakit ?

    Saya masih ragu untuk takaran nasi bagi Ayah saya, seberapa banyak ? ToLong jeLaskan.

    Lauk pauk apa yang dianjurkan ?

    Terimakasih Mbak. Saya mohon jawaban

  20. Saya baca di artikel ini bahwa Buncis termasuk sayuran yang harus di hindari oleh penderita DM tapi saya baca di artikel lain yang membahas masalah DM justru Buncis salah satu yang mujarap untuk menurunkan kadar gula ( hasil penenlitian dari Mahasiswa IPB ) tolong di jelasin mana yang bener

  21. mengapa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula secara berlbihan…
    makasii…
    di kirim cepat ya jawanx,,,
    heheheheh
    ^_^

  22. Wah bgus nih artikel nya, sngt brmanfaat sekali.

    Bolehkah penderita diabetes minum yg pahit2 misalnya rebusan daun sambiloto, daun sirih dll. thanks.

    • Wah, kalo mau menu lengkap..itu spesifik untuk satu orang ya,,berat badan, tinggi badan, makanan kesukaan, pantangan, kadar gula saat ini, penyakit penyerta, dll..

      • Ass, saya mau tanya makanan yg bgus d’konsumsi pha yah ?
        Hbs sya mama ada pnyakit kolestrol jga .
        Trus ksh kembali bdan yg trun secra tiba2 menjdi normal g’mana cra.nya yah ??
        Mksh atas info.nya ,,

  23. saya hampir 1 thn ini didiagnosa mengidang diabetes, apakh bahaya kalau saya hamil apa yg harus sy lakukan, Makasih ya tas informasinya banyak berguna nich buat aku

    • Mba Yoan….
      jika sudah didiagnosa DM, mba Yoan harus menjaga pola makan mulai dari saat ini, hindari makanan yang bisa menaikan kadar gula seperti biskuit, es krim, soft drink, kue-kue manis dll….
      mba Yoan ingat aja konsep 3 J diatas…

  24. nyokap qu pnya pnyakit DM sampai2 prnah drwat inap krna komplikasi paru2 . keluar dr rmah sakit, nyokap rajin olahraga. bdan nyokap ckup brubah sejak rajin olahraga. tlihat agak gemuk. tp akhir2 ini nyokap klo makan yg bbau santan kayak lontong sayur, nyokap buang2 air besar cair (mencret). mata nyokap jg katarak. trus diperiksa gula darahnya tnyata naik lg mpe 500an. udah coba dkter alternatif. tp yg bkin gw bingung, dlu wktu drmah sakit,dokter nyuruh jgn makan nasi, n’ sbagai ganti nasi nyokap hrus makan kentang, sedangkan kata alternatif, kentang dilarang utk dmkan buat DM . yg bner yg mna sihh . ? pliss jwabannya .

  25. nyokap qu pnya pnyakit DM sampai2 prnah drwat inap krna komplikasi paru2 . keluar dr rmah sakit, nyokap rajin olahraga. bdan nyokap ckup brubah sejak rajin olahraga. tlihat agak gemuk. tp akhir2 ini nyokap klo makan yg bbau santan kayak lontong sayur, nyokap buang2 air besar cair (mencret). mata nyokap jg katarak. trus diperiksa gula darahnya tnyata naik lg mpe 500an. udah coba dkter alternatif. tp yg bkin gw bingung, dlu wktu drmah sakit,dokter nyuruh jgn makan nasi, n’ sbagai ganti nasi nyokap hrus makan kentang, sedangkan kata alternatif, kentang dilarang utk dmkan buat DM . yg bner yg mna sihh . ? pliss jwabannya .

    • mba Mei…….saya ikut prihatin dengan yang diderita nyokap yah…
      sebenarnya untuk konsumsi nasi or kentang dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan kebutuhannya saya rasa tidak masalah, emang nasi dan kentang tergolong makanan yang banyak mengandung karbohidrat sehingga berpotensi meningkatkan kadar gula. sebaiknya imbangi dengan konsumsi sayuran karena sayuran banyak mengandung karbohidrat komplek dan serat, sehingga dapat memberi rasa kenyang lebih lama dan sayuran juga mempunyai index glikemik rendah sehingga membantu menstabilkan kadar gula.

      semoga nyokap mba Mei cepat sembuh..

  26. Thx banget buat ARTIKEL 3J. Membantu banget.
    Ibu saya penderita DM. Skitar 400-500 terakhir check up hari rbu ini. Tiap hari insulin 1x.
    Yang mau ditanyakan seperti diatas: SUSU KEDELAI itu tmasuk dihindari atau bole dikonsumsi.

    THANKS.

    Semoga KITA slalu dalam lindunganNYA. Amien.

  27. Tidak ada larangan bagi penderita DM untuk mengkonsumsi makanan dari kedelai, namun apabila makanan tersebut terdapat tambahan yang membahayakan kadar gula, konsumsinya harus dibatasi, seperti susu yang ditambah dengan gula pasir..

  28. makanan pa yg leh dmakan oleh penderita diabet tp jg mndrta darh tinggi..?//
    apa ada produk makanan tersendiri tuk penderta diabet shngga ttp bza mengkonsumsi makanan sperti biaza…??
    thx bwt jawabanna

  29. nyokap 9 kHan seKaran9 Lgi terkena diabetes,tapi Qo kNp,y taN9an kiri nyokap 9 g biSa digeRakin,aPa pen9aruh dari penyakit diabetes,y??
    ToLong donk jawaBan,y,tHnk’s

  30. Salam kenal..
    ayah saya penderita DM, apabila kadar gula dalam darahnya sedang tinggi, sering mengeluh sakit gigi, yang ingin saya tanyakan, apakah sakit gigi yang diderita ayah saya ada hubungannya dengan DM?terima kasih..

  31. Assalamualaikum,,
    ibu saya terkena diabetes dan sekarang udah nyerang paru-parunya..
    resep masakan apa yang cocok bagi ibu saya karena saya kasian melihat ibu kalau makan yang itu-itu saja…
    trimss

  32. asslamualaikum mba…
    saya mau tanya… makanan, buah2an & cemlan yg cocok untuk penderita Diabetes?

    karena saat ini ibu saya sedang sakit flu, setelah minum obat batuk&flu sirup yg mengandung banyak gula, gula darahnya pun meningkat hingga 350. dan sekarang kondisinya semakin memburuk, karena disertai mual2 & muntah2, pusing2 hingga terasa memutar (mungkin vertigo), dan tidak nafsu makan serta keterbatasan makanan yg harus dikonsumsi…
    saat ini ibu saya sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur karena lemas disebabkan muntah2 tp perut selalu kosong, serta rasa pusing tadi… sebelumnya saya ucapkan terimakasih..

    mohon dijawab ya mba…

  33. oh ya mba…ibu saya juga sudah cukup lama menderita diabetes…
    makanan apa yg cocok agar dapat membantu memulihkan kondisi ibu saya agar dapat pulih kembali… (gula darah turun, tidak mual2 lagi & napsu makan kembali..) thanks be4…

  34. ibu saya di diagnosa kena DM,rabu(3maret)lalu kadar darah 309,
    yg sya tanyakan,gimana membedakan penderita yg udah lama mengidap sama yg belum lama?
    trus air seni ibu saya dicoba,trnyata ga di gerumuti semut?
    apakah brarti DM ibu sya blum parah?

  35. saya mu bertnya makanan ap sja yg boleh di makan ama penderita DB dan makanan ap saja yang tidak boleh di makan penderita DB,,,?

  36. saya mau bertannya mengenai diabetes.ibu saya sdh lm kena diabetes,dan beberapa bulan terakhir ini beliau tidak dpt beraktifitas seperti biasa ( kl mau jln hrs dipapah )dikarenakan gulanya tidak pernah stabil pdhl asupan makanan nya sedikit.mohon bantuannya bagaiman agar gula nya bisa stabil

  37. Ass.mba. Kakek sy dah brtahun2 kena diabetes,trus stiap kadar gulanya naik pasti tekanan darahnya naik + asam lambungnya jg naik. Obat apa ya yg co2k utk kakek sy + mkanan apa yg tdk bleh di konsumsi wat kakek sy. Tlg djwb ya.

  38. Ass.mba,ibu sy mnderita DM td abis tes gula darah 400 lebih.ada luka d kaki kanan. udh sbulan ini ga mkan nasi shgga badanx jd lemah.mkanan apa aja yg boleh dan tdk u konsumsi shg bs memulihkn ibu sy? Sblmx trimakasih

  39. untuk makanan yang dianjurkan dan yang tidak, ada di artikel diatas..sebagai pengganti beras putih, coba mengkonsumsi beras merah atau beras hitam (bukan ketan hitam) yang mempunyai indeks glikemik lebih rendah…

    trims

  40. assalam mualaikum

    makash bgt ney ma artikelnya,,,
    aq mau tanya donk,,,
    sabtu kmrn aq cek gula darah ternyata 184,,aq kaget ko bs tinggi gitu yah?kl 184 udh termasuk diabetes ga yah?
    terus cara menurunkannya gmn?
    umur ku 22 thn,berat 64kg,tinggi 158 mohon bantuannya yah tip buat q,apa aq msh blh makan nasi?ada yg bilang aq udh ga blh makan nasi,,,hiksss
    thx

  41. untuk ocie?
    apakah kadar gula yang diukur tsb kadar gula setelah makan, 2 jam pp, kadar gula puasa, atau sewaktu?
    jika kadar gula diukur sehabis makan, memang tinggi…karena makanan yang dikonsumsi menaikkan kadar gula darah..

  42. kayanya sudah lewat waktu makan dech mba,
    pas di cek memang ga lg puasa tp kebetulan udh makan beberapa jam sblmnya,dan dr gejala seperti kesemutan,pusing,mual itu sering saya alami,,,

  43. tanya iiiachh

    mama aq pny kdr gd puasa 365 n trigliserid tinggi serta kdrnsgot n sgpt heparnya tinggi smpai >100. makanan apa sja yg tdk boleh n boleh ga pengganti nasi mkn lontong. serta kiat2 apa sja agar terhindar dari stroke

    tq b4

  44. mz aq mw tnya…..
    org yg mndrita DM type wet dan dry buah yg blh dmakan di antara buah apel, rambutan dan pisang.
    yg blh dmakan yg mna ya??????? ……..

  45. mo ikutan nanya ya,

    suami aq punya diabetet, kemarin cek lab sampai 272. . termasuk mengkawatirkan tidak? susah sekali mengatur pola makannya, karena dari masih remaja suka makan dalam porsi besar. apakah makan nasi yg dibuat sehari sebelumnya(nasi basi) bisa menjadi solusi? kt orang2 ktnya nasi basi suadh tidak ada kadar gulanya. benar tidak ya? help me cari solusinya… thanks

  46. Suami saya berat badannya semakin turun, setelah dicek ternyata gulanya 347 puasa.apakah itu sudah tinggi? tapi dia tdk lemas, aktivitasnya biasa.

  47. ass…mualaikm…..
    1.sy pernah baca kdar gula setelah makan harus di bawah 140 dan ada juga harus dibawah 200, mana yang benar?,
    2.kalau kadar gula setelah makan 180 apa harus segera minum obat

  48. ass…mw tnya nich …. apakah pengobatan tradisional seperti BEKAM bs membantu menurunkan gula darah..?thnks y….

  49. Ibu saya sudah mengikuti pola makan penderita diabet seperti disebutkan diatas, tetapi badannya semakin lama mengecil. Berat tubuh menurun hingga 1kg/bulan. sehingga terlihat tidak sehat. Bagaimana porsi dan pola yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. thx

  50. mau tanya, bapak saya baru oprasi d kaki karna penyakit DM , sampai sekrang lukanya jg blm sembuh, setiap hrinya kontrol k doktr ganti balut & d bersihkan luka2nya agar tdk trkena infeksi pd luka maupun menuju k tulang infksinya & kata dokter makanan2 yang mengandung karbohidrat di suruh menghindari & nasi jg mengandung karbohidrat, mau tnya pengganti selain nasi yg rendah karbohidrat apa???? & buah2n yg boleh di konsumsi apa???? kalau ikan/lauk apa seperti: ayam ,daging ,telur ayam apa boleh??? & kalau tdk boleh apa penggantinya???? sehingga gizi tetap terjaga. thnk. mohon jawabanya.

  51. saya sedang coba rebusan kulit kayu pule/pulai utk menurunkan gula darah. Kulit batang pulai sebanyak 2 jari, dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa
    separonya. Setelah dingin disaring, minum 1/2 jam sebelum makan.
    Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas. resep ini juga dipakai tetangga saya (usia 60an) cukup berhasil menurunkan kadar gula darah.

  52. wah sangat membantu saya sekali terima kasih untuk sharing info nya.

    saya mau share pengalaman ayah saya penderita DM dan sempat dirawat di Cipto kadar gula tinggi sekali klo saya tidak salah hampir 300 apa gtu.. lalu dibuat kan rebusan daun sirsak 14 lembar + 2 gelas direbus sampai menjadi satu gelas. air nya diminum. dan saat dicek kembali oleh suster tekanan gula ayah saya turun menjadi 109.
    it work…. semoga bermanfaat

  53. assalamu’alaikum. mba saya mo tanya cemilan apa saja yang bagus untuk penderita diabetes untuk menghindari kadar gula terlalu rendah soalnya ibu saya susah makannya>
    o ya ukuran kadar gula rendah itu berapa sih?

  54. Senang sekali membaca artikel anda. Tapi sayang ndak disertai jenis-jenis makanan yg baik buat penderita DM, cuma jadwalnya saja. Tolong dong kasih tahu daftar makanan yg baik untuk penderita DM. Makasih

  55. Dear Pak,

    Saya menderita DM sudah hampir 10 th. sejal umur 28 th…sekarang kadar gula saya sebelum puasa 259. dan ada orang menganjurkan saya untuk merebus kulit manis dan jinten…menurut bpk itu cocok nggak dengan keadaan saya. Selama ini saya hanya makan obat glucovance 500/5mg. PLEASE ADVISE…

    Thanks
    ferry

  56. Pengelolaan penyakit DM dibagi dalam bbrp tahap
    1. Pengaturan Diet dan Latihan\
    2. Obatan2 diabetel secara oral (diminum)
    3. Suntik insulin
    Jika DM bisa dikelola dengan Diet dan Latihan, maka tidak diperlukan obatan2 dan suntik insulin.
    mengenai penggunaan obat tradisional, sebaiknya, sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter yang menangani Anda. Memang ada yang mengatakan klu kulit manis dan jinten bisa menurunkan kadar gula darah, namun hal ini perlu penelitian lebih lanjut. (Mietha)

    • Kadar gula darah bisa dikendalikan dengan beberapa cara
      1. Pertama, pengaturan pola makan dan latihan fisik
      (olahraga)
      2. Bila cara pertama belum bisa, dilanjutkan dengan obat penurun kadar gula darah
      3. Bila cara pertama dan kedua belum bisa, dilakukan suntik insulin..

  57. Mksh artikelnya,mo tnya mba.suami sy kdr glnya 250,umur 45.skt dm udh 5thn.dl tiap bln rjn kntrl ke dr.tp akhr2 ini dh jarang.obt kdg2 mnm.tp skrg sy rutinin mnm air rebusan pare.apakah blh obt dan herbal sy selang seling.gldrh terkhr rt2 200an.thks.watik

  58. snak apa saja yg boleh untuk penyakit gula dan darah tinggi? Apakah labu kuning dan agar2 bolek? Buah2an dan sayuran apa saja yg boleh? Trimakasih.

  59. Untuk penderita DM,makanlah sebaiknya : Nasi angetan (nasi kemarin yg diangetin)krn kadar glikosanya sdh hilang/ berkurang dibanding nasi yg bau matang dimasak, Nasi merah, Kentang rebus, Talas, Oat tanpa susu/gula. Daging tanpa lemak, sayur bayam, brokoli, wortel, labu siam, labu kuning dikukus utk snack (camilan) dpt menurunkan kadar gula, Tempe/Tahu dikukus. utk buah2an: Apel, pepaya, jamblang dimakan dgn kapur sirih dn garam, pisang batu/biji. Lidah buaya yg dibuat minuman tanpa gula, jus buah2an tanpa gula/ gunakan gula tropicana,

    • Gula mempunyai indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah kecepatan makanan menaikkan kadar gula darah. semakin cepat makanan tersebut menaikkan kadar gula darah, maka indeks glikemiknya relatif tinggi. Pemanis buatan dibolehkan untuk yang menderita diabtes karena pemanis tersebut tidak mempunyai kalori, hanya rasa manis saja.

      • Saya 1,5bln yg lalu gula darah sy 478 setelah 3mngg sy cek jd 289,3mngg kemudian sy cek lg jd 128. Selama itu sy makan kentang+nasi merah+minum meniran sy rebus. Yg mau sy tanyakan apakah kentang masih bs sy makan?krn sy buka internet bahwa kentang masih mengandung jat gula ckp tinggi.

  60. sebelum kenaDM berat badanku 62kg,sekarang tinggal 45kg,.selama 3minggu saya konsumsi obat resep dokter tapi berdampak pada penglihatan..saya sudah rutitn minum ramuan kunyit putih,temulawak,jus pare,jus pace.tapi sejauh ini saya kira hasil belum optimal .kadar gula dari 395 turun cuma jadi 333.mohon bisa di infokan ramuan herbal yang bisa menurunkan kadar guladarah .terimakasih

    • Memang salah satu komplikasi dari penyakit diabetes adalah pada penglihatan. Apabila sudah terkena saraf bagian mata, memang beberapa penderita mengeluhkan penglihatan yang kabur. Saya pernah mendengar ramuan daun sirsak juga bisa menurunkan kadar gula. Namun, untuk konsumsi obatan herbal, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter..sekaligus tetap menjaga pola makannya. Mudah2an cepat sembuh ya….

    • Makan nasi boleh saja, asal sesuai dengan takarannya..Untuk kentang pun sebenarnya sama saja dengan nasi.
      Kalau bisa, pilih nasi yang mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih, contohnya adalah nasi dari beras hitam..

  61. Tiga tahun yang lalu, saya pernah cek gula darah, dan waktu itu GDP saya 293, terus cek lagi 2 jam setelah makan 415. Setelah itu saya putuskan untuk diet (sangat ketat waktu itu), sambil menurunkan gula darah, sekaligus juga menurunkan berat badan (waktu itu 107 kg). Sampai dengan saat ini saya masih diet walaupun tidak terlalu ketat, intinya mengurangi makanan dengan kadar glukosa dan kalori tinggi, dan mengganti gula dengan gula Zero Kalori. 3 bulan setelah itu sampai dengan saat ini gula darah saya terhitung normal, terakhir periksa 105. Pertanyaan saya,
    1. Apakah sewaktu-waktu kadar gula darah (diabetes) saya bisa kambuh lagi setelah tiga tahun berlalu (dalam kondisi normal)?
    2. Amankah mengganti gula dengan gula Zero Kalori (karena mengandung pemanis buatan)? –> saya konsumsi +/- 4-6 sachet perhari.
    Demikian pertanyaan saya. Atas jawaban yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

    Best Regards

    Suwarto

  62. sekedar berbagi saya penderita dm udah 4 tahun , setiap di cek selalu diangka 220an bahkan sampe 490 tetapi kata orang ada suplemen yg bs memebantu mempercepat penyembuhan ,setelah sy coba ternyata benar sekarang gula darah saya udah 160, kelesterol ,tekanan darah normal,tgl10 juni saya cek up hasilnya normal baik jantung maupun ginjal alhamdulillah mudah2an normal terus dengan tetap menjaga pola makan tanpa pantangan asalkan tidak berlebihan {hubungi no081385404555}

  63. saya mau tanya takaran porsi makanan yang tepat untuk penderita diabetes gimana y?
    misalnya jumlah nasi berapa dan lauknya bagaimana?

  64. saya mau tanya bahaya mana minum obat penurun gula darah atau suntik insulin yang akan digunakan dalam jangka waktu yang lama?

  65. Penderita diabetea mmg hrs jaga mkn khususnya beras.. Dgn glikemik yg rendah membantu kadar gula ttp terjaga..
    Boleh hub sy mell email untuk pertanyaan ya..
    Trm ksh

  66. Saya sthn lalu,,,dmedical trkna diabetes,trus brobat kedoktr, ,alhmdllh smbuh,trus saya brngkat keluar ngri untuk bkrja dsni stlh 6bln dimedikal, alhmdllh jg fit,,tpi kdang saya khwatir, ,apakah pnyakit itu bsa kmbali saya derita, klo sayamkan mkanan yg manis,,

    • Sy penderita diabetes hampir 2 thn, gla darah wkt itu 400 puasa stlh puasa 700..kondisi lemah,mata kabur,sering kencing,haus,berat badan turun drastis 9 kg hanya 2 mggu. Awalnya dokter kasi obat glucovence 1000mg akhirnya bisa dibawah 200 lalu dosis diturunin jadi 500 hga 250-125 saran dokter olahraga jalan kaki setiap pagi sy lakukan 1 jam alhamdulillah skrg bisa normal tanpa minum obat lagi makan 3 kali sehari, pagi roti 2 lembar pake selai atau ceres,bisa jg mie goreng instan,susu tnpa gula,bubur ayam,nsi kuning(porsi kecil)..jam 10 pagi klo terasa agak gemetar bisanya krn aktivitas berlebihan sy makan biscuit apa aja 2 biji, makan siang jam 1 nasi beras merah(dicampur beras putih biar gak terlalu kering&hemat jga..perbandingan 2 gelas magicom beras merah,1 gelas beras putih) lauk seperti biasa,,ikan,udang,cumi,ayam, tahu,tempe,daging (nah yg ini gak boleh sering, sy biasanya makan daging 1 kli seminggu bahkan 1 kli sebulan 1 potong ukuran rendang krn daging cepat menaikkan kadar gula darah) sayuran seperti biasa malah lebih banyak sayur dripada nasi..)Oh ya telur jg gak boleh tiap hari, sy biasanya 1-2 butir smggu krn bnyk protein yg dpt meningatkan kadar gula.. Makan buah,secukupnya gak berlebihan sy biasanya makan belimbing,buah naga,mangga,apel, yang penting buahnya jgn terlalu manis..buah yang dihindari durian,anggur,alpukat(pokoknya yg banyak mengandung gula&lemak harus dihindari) jam 4 sore klo lapar boleh biscuit craker 2 biji(klo msh kenyang gak perlu makanan selingan..patokannya klo aktivitas berlebihan&terasa gemetar silahkan makan selingan klo gak ada aktivitas berat gak perlu makan selingan) makan malam seperti biasa tetap makan beras merah tadi 250 gr,sayuran,lauk pauk seperti biasa..pagi hari tetap olahraga(yg penting ada gerak tubuh yang membakar kalori seperti beres2 rumah dsb..) ..oh ya yang paling penting selain olahraga hindari softdrink hapus dari daftar! Banyak minum air putih,teh lebih baik tawar jangan sering2 pakai gula diabetes..klo agak lemes boleh pake gula tropicana atau gemetar berlebihan makan coklat secukupnya tapi lebih baik tes dulu gula darah..krn klo gula darah turun biasanya gemetaran,kelaparan,pusing berlebihan segera makn yang manis,coklat atau kurma dll..klo gula darah naik biasa gejalanya lemas,badan seperti kebas2,ngantuk berlebihan, pusing,mual,pusing berlebihan,emosi memuncak segera istirahat gak boleh kerja&olahraga berat sy biasanya bawa tidur&diet makan yg mengandung gula,,klo terlalu tinggi diatas 250 terpaksa minum obat(glocovhage)tpi efeknya nnti jadi agak lapar stlh minum obat itulah perlunya punya alat pengukur gula darah,,klo saya pakai gluco Dr jadi lebih mudah kontrol gula darahn,,kita tau saat butuh makanan manis&tidak(intinya klo drop boleh yg manis tetap jgn berlebihan,,klo naik bawa istirahat jgn sentuh makanan manis,,klo lapar makan beras merah,kentang ,sayur,tahu,tempe,ikan) ..yang paling susah mengontrol adalah pikiran&emosi hal itu sangat cepat menaikkan kadar gula..usahakan berfikir positif&nyantai..manusia selama masih hidup tidak akan pernah terbebas dari masalah biarlah waktu yang akan menyelesaikan jangan terlalu terbebani..hidup hanya sekali gunakan untuk hal-hal yang bermamfaat,,memang gampang berbicara tapi dalam pelaksanaannya sangat sulit..hanya yakin kepada Tuhan selalu ada untuk semua umat-NYA itulah kuncinya..semoga bermamfaat pengalaman saya yang masih sampai sekarang berjuang mengontrol kadar gula tetap semangat,,salam

      • Assalamualaikum..penderita diabetes juga harus Perhatikan kaki..ini sangat penting! Jangan pakai sandal&sepatu yang cepat bikin lecet,,gunakan alas kaki yang nyaman.. Trus kalo potong kuku harus hati2 jangan kelewat pendek bisa bikin luka cantengan&infeksi.. Karena biasanya luka pada penderita diabetes agak susah mengering apalagi kalau kadar gula sedang tinggi..yang penting tetap semangat…

  67. Assalamu’alaikum,
    Pada Pertengahan bulan September 2012, saya ke Puskesmas mau mencabutkan gigi, setelah diperiksa gigi saya, saya disuruh cek gula darah, alhasil gula darah saya 272 (saya divonis kena DM) Dokter tidak berani mencabut gigi saya, dan saya tidak dikasih obat hanya disarankan untuk diet makanan dan disuruh olahraga yg rutin, saran Dokter saya lalukan setelah satu bulan persis saya cek lagi gula darah saya 160, kemudian setelah 10 hari saya cek lagi135, kemudian saya pergi keluar negeri setelah kurang lebih satu bulan terakhir ini saya cek gula darah saya 149, yang saya tanyakan : 1. Jika gula darah saya nanti bisa Normal, apakah saya bebas makan seperti dulu?
    2. Organ tubuh mana yang harus diobati biar sipenderita Diabet normal seperti
    semula?
    Sangat saya harapkan jawabannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih, Wassalam Mulya

    • Orang yang prnah terkena diabetes, harus tetap menjaga pola makan walaupun kadar gula nya sudah normal..
      organ tubuh yang terkena (penyebab diabetes) adalah pankreas. tetapi sampai saat ini, penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan seperti sedia kala. walaupun kadar gula normal, tetap harus selalu menjaga makannya.

  68. awalnya saya hanya ingin tahu kesehatan saya jd saya puasa 12 jam lalu periksa darah. hasilnya gula darah 144 mg/dL kolesterol total 160 mg/dL dan trigliserida 103 mg/dL. apakah saya sudah termasuk praidabet atau diabetes? perlukaha konsumsi obat diabetes? saya belum periksa ke dokter. saat ini masih atur pola makan sehat dan olahraga. mohon ssarannya ya…thx

    note: tinggi badan 150cm, bb 56 kg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s